Langsung ke konten utama

Buitenzorg - Bogor Tempoe Doeloe

Aku nulis ini bukan dalam rangka ulang tahun kota bogor, bukan juga karena ulang tahun ku *apa urusannya coba?? Awalnya aku galau karena enggak bisa pergi ke Jakarta karena rel di cilebut longsor, akhirnya aku lihat2 gambar nya di mbah google. Trus tiba-tiba nemuin gambar Stasiun Bogor Tempo Dulu. Dan akhirnya aku malah terhibur liat-liat foto kota bogor jaman dulu. Naah, Mari kita mulai petualangan kita ke Buitenzorg, Bogor masa lalu:

1. Alun-alun Bogor
Alun-Alun Bogor Tahun 1870
Alun-alun Bogor 1870
Sebenernya Alun-alun Bogor ini itu alun-alun mana ya? Sempur kah? Atau Gor Pajajaran? Atau bukan keduanya? hehe

2. Balai Kota
Balaikota Bogor
Dulu

3. Bendungan Empang

Dam Pulo Empang

4. Hotel Bellevue
Hotel Bellevue 2
Hotel Bellevue, sekarang berubah jadi Bogor Trade Mall
Bogor Trade Mall

5. Hotel Du Chemin
Hotel Ducemin
Hotel Du Chemin ( Dulu )
Sekarang Hotel Du Chemin menjadi kantor Mapolres Kota Bogor.

6. Istana Bogor
Istana 3
Istana Bogor (Dulu)
Istana Bogor (Sekarang )

7. Jalan Surya Kencana
Jalan Suryakencana
Dulu
Sekarang (banyak angkot bangeeeet)

8. Nederlands Indische Veeartsen School
 Nederlands Indis Cheveeartsen School
Nederlands Indische Veeartsen School

Ini dia Sejarahnya (Langsung Kopas dari 
http://iirc.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/14663/2/BAB%20I%20&%20II(2-8-09).pdf ) > > Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan lembaga pendidikan tinggi sebagai kelanjutan dari lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai pada awal abad ke-20 di Bogor. Sebelum perang dunia II, lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama  Middelbare Landbouw School,  Middelbare Bosbouw  School, dan Nederlandsch Indische Veeartsen School. Pada tahun 1940, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Lembaga Pendidikan Tinggi Pertanian di Bogor dengan nama  Landbouw Hogeschool yang pada masa pendudukan Jepang (1942  - 1945) ditutup. Namun pada masa itu  Nederlandsch Indische Veeartsen School tetap berjalan. Hanya namanya diubah menjadi Bogor Zui Gakku (Sekolah Dokter Hewan Bogor)  yang pada tahun 1946 ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan (PTKH). 

Pada tahun 1947  Landbouw Hogeschool dibuka kembali dengan nama  Faculteit voor Landbouw-wetenschappen sebagai kelanjutan  Landbouw Hogeschool, yang mempunyai jurusan Pertanian dan Kehutanan. Bersama dengan itu dibentuk  Faculteit der Diergeneskunde yang sebelumnya adalah Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan (PTKH). Secara organik kedua  faculteit yang ada di Bogor tersebut bernaung di bawah Universiteit van Indonesie yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Indonesia (UI). 

Pada tahun 1950  Faculteit voor Landbouw-wetenschappen berubah nama menjadi Fakultas Pertanian UI dengan 3 (tiga) jurusan yaitu Sosial Ekonomi, Pengetahuan Alam, dan Kehutanan serta pada tahun 1957 dibentuk Jurusan Perikanan Darat, sedangkan  Faculteit voor Diergeneeskunde berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran Hewan UI yang pada tahun 1960 berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan dan selanjutnya pada tahun 1962 menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan UI. Pada tanggal 1 September 1963, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 91 tahun 1963, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Peternakan UI melepaskan diri menjadi Institut Pertanian Bogor dan disahkan oleh Presiden RI dengan Keputusan No. 2791 tahun 1965. 

Pada awalnya, IPB terdiri dari 5 (lima) fakultas yaitu Fakultas Pertanian (berasal Jurusan Pertanian Fakultas Pertanian UI), Fakultas Kehutanan (Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian UI), Fakultas Kedokteran Hewan (berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan UI), Fakultas Peternakan (berasal dari Fakultas Peternakan dan Perikanan Laut UI), dan Fakultas Perikanan (merupakan gabungan Jurusan Perikanan Darat Fakultas  Pertanian dan Jurusan Perikanan Laut Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan  UI). Pada tahun 1964, IPB berkembang menjadi 6 (enam) fakultas dengan didirikannya Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (FATEMETA) >> Fakultas Gue Yang Sekarang #Bangga, yang pada tahun 1968 berubah menjadi Fakultas Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian serta tahun 1981 hingga saat ini bernama Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) >> Fakultas Gue Yang Sekarang #Bangga.

9. Pasar Bogor
Pasar Bogor 1
Dulu
Sekarang (perasaan makin tak tertib yaa, ahha)

10. RS PMI Bogor
PMI 1
Dulu
Poliklinik_afiat
Sekarang

11. Stasiun Bogor
Stasiun Bogor 1
Stasiun Bogor 4
Stasiun Bogor 5
Dulu


Image Source (Foto Jadul) : http://www.kotabogor.go.id/galeri


Komentar

  1. wah... keren. untung aja orang jaman dulu ada yang suka foto2 juga. jadi bisa dibandingin dengan jaman sekarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

hey hey.... mari ramaikan duniakuu

Postingan populer dari blog ini

I'M BACK and i'm married

Bismillah,,
Katanya ada yang kangen baca postinganku lagi,, udah lama banget aku gak posting. Maklum,, sibuk cari duit sekarang,, hihi,, tp mau mulai dari mana ya? Hmmm aku mau nulis sesuatu,, keajaiban yang datang selama aku gk nulis blog kemarin. Cosmic orderingDulu di tahun 2010, aku dan sahabatku hardiyanti pergi ke sebuah wedding expo yang diadakan di botani square. Disitu banyak pasangan yang mencari vendor buat pernikahan idaman mereka. Aku sama anti cuma sibuk mendatangi stand catering, hehe.. icip icip makanan sana sini sampe gk perlu cari makan siang. Fyi, 2010 itu aku masih kuliah tingkat 3. Bosan mencicipi makanan, akhirnya kita lihat-lihat gaun pengantin. Bagus bagus semuaa,,, sampai di suatu stand aku dan anti berhenti. Yak,, ada gaun yang bagus dan beda banget dari yang ada di stand lain. Aku pun mendekati sambil ngelus-elus kainnya #rada lebay sih,, hehee.. tiba-tiba aku membayangkan dipinang oleh pangeran berkuda poni 😂 . Gak lama setelah itu,, seorang wanita mendeka…

IT'S REALITY

Guys, target tahun 2012 gue untuk nulis entry blog lebih banyak dari tahun 2011 tak tercapai. :(. dan gue rasa tahun 2013 gue akan semakin jarang nulis lagi. ini baru tulisan gue yg ke tiga di tahun 2013. dulu sehari bisa 4 postingan sekaligus. dunia gue berubah. WELCOME TO THE REALITY.