Langsung ke konten utama

Broken

Guys, sebagai kata pengantar, gue udah lama banget nggak nulis. Bahkan lupa cara menulis (halah). Terakhir kali nge blog tahun 2012. Habis itu gue kerja, trus sibuk (sok sibuk), trus Nikah, trus punya anak. Trus resign, trus punya banyak waktu, eh ternyata gue lebih sibuk dari waktu masih kerja. Daaaan, di malam ini, tepat jam 00.45 gue gak bisa tidur, nunggu sahur, jadi gue punya ide terapi. Yup,, terapi menulis. Sebelum menulis ini gue nonton film guys. 2 film dalam 2 hari. yang pertama Jack and the cuckoo clock heart. dah gue tulis sinopsisnya di post sebelum ini. Film kedua judulnya Broken. Film tahun 2012 ini cukup kompleks menurut gue. Dan itulah alasan gue terapi menulis dengan sinopsis film Broken (2012) ini, karena sangaaat kompleks. Jadi gue akan coba untuk menceritakannya kembali dengan terstruktur untuk melatih otak gue yang udah lama banget gak dipake, hehe. (sebelumnya gue nonton film Ballerina juga, cuma ini cerita anak-anak jadi agak simple. Kurang menantang *halaaah sok banget gue. Oke, dimulai ya,, Bismillah.

Kita mulai dengan karakter yang ada di film nya.
Keluarga Cunningham:
1. Archie Cunningham (Ayah - Seorang pengacara - Semua orang curhat kepada Archie untuk mencari solusi)
2. Jed Cunningham (Anak laki-laki 1)
3. Emily "Skunk" Cunningham (Anak perempuan 2) biasa dipanggil Skunk
4. Kasia (Pengurus Rumah Keluarga Cunningham)
5. Mike Kiernan (Pacar Kasia, Yang Juga akan jadi guru Skunk)

Keluarga Oswald
1. Bob Oswald (Ayah)
2. Saskia Oswald (Anak perempuan 1)
3. Susan Oswald (Anak perempuan 2)
4. Sunrise Oswald (Anak perempuan 3, teman sekelas Skunk)

Keluarga Buckley
1. Mr. Buckley (Ayah)
2. Mrs. Buckley (Ibu)
3. Rick Bucley (Anak tunggal).

Oke, jadi cerita akan berputar-putar di 3 keluarga itu. Karena mereka memang tetanggaan.
Cerita dimulai ketika Rick Buckley sedang mencuci mobil. Skunk menghampiri Rick untuk sekedar bertanya apa yang sedang Rick lakukan (bukan basa-basi. Skunk adalah anak kecil yang baru aja lulus SD. Jadi setiap pertanyaannya itu bener-bener polos). Setelah puas dengan jawaban Rick, Skunk pun pamit pulang ke rumahnya. Mr. Oswald keluar dari rumahnya menuju ke arah Rick. Skunk menyapa Mr. Oswald, dan dijawab seadanya oleh Mr. Oswald sambil melayangkan pukulan bertubi-tubi kepada Rick. Sontak Skunk pun terkejut melihat kejadian itu. Darah ada dimana-mana. Mr. and Mrs Buckley pun keluar untuk menolong anaknya yang malang itu. Setelah puas menghajar Rick, Mr. Oswald kembali ke rumahnya dan langsung memeluk ketiga anak perempuannya.

Sesaat sebelum kejadian yang menimpa Rick, Di rumah keluarga Oswald, Susan sedang membongkar lemari ayahnya. Entah apa yang dia cari, sampai ia menemukan alat kontrasepsi milik ayahnya. Karena rasa ingin tahunya, Susan membawa alat kontrasepsi ke kamarnya. Susan membuka bungkusnya, mengotak-atik, kemudian ia jijik sendiri dan membuang isinya kedalam toilet. Tak lama kemudian, ayahnya menemukan bungkus alat kontrasepsi yang tidak Susan Buang. Ayahnya berasumsi bahwa anaknya itu telah melakukan hubungan dengan seorang pria. Ayahnya marah besar dan memaksa Susan untuk mengakui perbuatannya dan memberitahukan siapa nama laki-laki itu. Susan dalam keadaan terpojok, akhirnya Susan menyebut nama Rick Buckley.

Kemudian Mr. Oswald pun menghajar Rick Buckley hingga babak belur. Ketiga anak Oswald hanya diam dan tidak berbuat apa-apa di balik jendela rumahnya. (Oh meeen, gue kesel banget sama si Susan). Tidak sampai disitu, Mr. Oswald pun melaporkan Rick Buckley atas kasus pemerkosaan terhadap Susan.

Polisi datang membawa Rick Buckley untuk di tahan dengan wajah yang masih penuh luka. Skunk mengintip dari jendela dan bertanya kepada kakaknya (Jed) kenapa hanya Rick yang ditangkap? Padahal kan yang memukul Mr. Oswald. Skunk tidak bisa tidur dan terus mempertanyakan kejadian yang baru ia lihat siang tadi kepada ayahnya. Ayahnya pun menjelaskannya dengan penuh kesabaran.

Polisi pun mengadakan penyidikan. Susan di bawa ke dokter untuk membuktikan apakah benar ia diperkosa atau tidak. Dan hasilnya TIDAK. Susan sama sekali belum pernah melakukan hubungan dengan siapapun. Akhirnya Rick dibebaskan. Archie Cunningham (Ayah Skunk) pun menawarkan bantuan untuk menuntut Mr. Oswald. Tetapi Keluarga Buckley sama sekali tidak ingin menuntut.

Penderitaan Rick tidak berhenti sampai disitu. Ia masih juga di bully oleh anak-anak Mr. Oswald. Hanya Skunk lah yang masih memberikan perhatian dan kebaikan kepada Rick. Setelah kejadian yang menimpa Rick, Ia hanya berdiam diri di kamar. Menolak untuk keluar kamar. Kayaknya si Rick ini udah sangat-sangat depresi. *Rick dibawa ke semacam rumah sakit jiwa untuk menjalani pengobatan.

Beralih ke keluarga Cunningham.
SKunk sudah tidak memiliki ibu. Pekerjaan rumah dilakukan oleh Kasia. Kasia juga berperan sebagai teman Skunk dan juga Jed. Pacar Kasia yang berprofesi sebagai guru SMP, Mike Kiernan sering datang ke rumah Skunk. Mereka sudah seperti keluarga. Tetapi belakangan ini Kasia dan Mike sering bertengkar. Karena perbedaan pendapat (halaah, standar pertengkaran orang pacaran).

Skunk sebentar lagi masuk SMP. Skunk ditakut-takuti kakaknya bahwa kehidupan sebagai junior di SMP sangat menakutkan. Dipukuli, dipalak, dll. Hal itu membuat Skunk benar-benar takut masuk SMP. Di saat hari pertamanya masuk sekolah, dia sangat ketakutan. (Gue juga pernah ngalamin sih, takut sama senior. Berarti ini normal yah). Saat tiba di depan kelasnya, cahaya kehidupan seperti menyelamatkan Skunk (Bahasa gue mulai lebay). Yang duduk di meja guru adalah Mike. (oh iya, si Skunk ini suka sama Mike.. yaah biasa lah, cinta monyet). Singkat cerita, suatu hari Skunk dipalak sama Sunrise Oswald, anak ketiga keluarga Oswald. Karena tidak suka ditindas, Skunk pun melawan SUnrise. Sunrise mengancam akan memberi pelajaran pada Skunk.

Di jalan pulang Sekolah, Skunk dicegat di gang kecil oleh Sunrise dan Saskia (kakak pertamanya). Mereka berdua memukuli Skunk hingga babak belur. Beruntung Mike melewati jalan yang sama dan menyelamatkan Skunk. Setelah itu Mike juga menghukum Sunrise atas kelakuannya yang tidak baik itu. Dilihat dari mata Sunrise, dia sangat dendam kepada gurunya itu, Mike. (hmm anak kecil yang sangat arogan).

Mike mengantar Skunk pulang ke rumah. Di rumah Skunk, Mike bertemu Kasia dan ingin meminta maaf. (ngajak damai gituu). Tapi ternyata Kasia malah mengatakan bahwa ia mencintai Archie Cunningham (ayah Skunk). Skunk sangat terkejut mendengar perkataan Kasia dari balik pintu kamarnya. Kemarahan Mike pun tak bisa dihindarkan. Ia membanting piring yang ada di dekatnya dan langsung pergi. Skunk yang masih shock mendengar perkataan Kasia juga ikut-ikutan pergi. Ia berlari ke basecamp rahasia milik nya dan kakaknya. Belum sempat tenang dengan kejadian tadi, SKunk mendapati kakaknya sedang bermesraan dengan Susan Oswald.

Malamnya SKunk menginterogasi kakaknya. Kenapa Jed melakukan hal itu. Jed mau menjawab tapi dengan satu syarat. SKunk harus berjanji untuk tidak memberitahukan kejadian itu kepada siapapun. Skunk pun berjanji. "Aku cuma penasaran aja," Jawab Jed. "Bagaimana kalau Susan Hamil?" tanya SKunk. Jed hanya terdiam.

DI rumah keluarga Oswald.
Susan dan Sunrise sedang berbicara. "Kira-kira siapa ayahnya?" tanya Sunrise. Susan pun bingung. "Aku tidak tahu," Jawab Susan. (hmm gue mulai kesal lagi sama ni keluarga). "Berapa pria?" tanya Sunrise. "Tiga," jawab SUsan. "Tolong aku, apa yang harus aku katakan kepada ayah?" lanjut Susan.

"Biarkan aku berfikir," Jawab SUnrise dengan pikirannya yang bener-bener gak habis pikir... GUE BENCI BANGET NIH SAMA YANG BEGINIAN. loh kok jadi aku yg emosi.

Di Kantor Polisi.
Mike Kiernan sudah babak belur saat di interogasi polisi. Kejadian Rick Buckley berulang. Mike Kiernan di hajar Mr. Oswald di dalam kelas saat ia sedang mengajar dan melaporkannya ke polisi atas tuduhan pemerkosaan anaknya, Susan Oswald. Susan mengatakan bahwa ayah dari anak yang sedang dikandungnya adalah Mike Kiernan. tidak lain dan tidak bukan adalah karena ide adiknya, SUnrise yang dendam dengan gurunya itu karena telah diberikan hukuman.

Di kantor polisi, Mike kiernan mengaku bahwa ia hanya mengenal Sunrise dan sama sekali belum pernah bertemu dengan Susan. Mike berhak menghubungi pengacaranya, belum sempat menghubungi pengacaranya, Archie Cunningham datang sebagai pengacara Mike kiernan. (Gimana sih perasaan lo ketika sudah ditikung, trus lo lagi dalam kesusahan dan yang nolong lu adalah tukang tikung itu... sakiiiit meeen).

Di rumah keluarga Buckley.
Hari ini adalah hari kepulangan Rick. Ibunya menyiapkan kue untuk menyambut anaknya. Setibanya di rumah, Rick langsung masuk ke kamar. Ibunya membujuk Rick untuk mencoba sedikit saja kue buatan ibunya itu. tetapi rick enggan, ia bersikeras untuk tetap masuk ke kamar. ibunya tetap memaksa, akhirnya Rick mendorong ibunya di tangga hingga tewas. Tanpa rasa bersalah, Rick memakan kue buatan ibunya dengan santai. Saat ayahnya masuk ke dalam rumah dan mendapati istrinya sudah tak bernyawa, Rick memukul kepala ayahnya dengan piring hingga pingsan.

Skunk yang mengetahui bahwa hari ini adalah hari kepulangan Rick bermaksud untu ikut menyambut Rick. Dia mengetuk pintu rumah Rick. Rick membuka pintu. dan Skunk pun masuk ke dalam rumahnya.

Di rumah Skunk.
Archie, Jed dan Kasia kebingungan mencari Skunk yang tidak juga pulang kerumah hingga ke esokan harinya. Skunk punya penyakit diabetes type 1. Jika tidak ditangani dengan benar maka akan . . .  (isi sendiri).

Kemudian terdengar suara dari rumah Buckley. Suara mr. Oswald. dia mencurigai rumah Buckley dan saat masuk ke dalam rumahnya dia sudah mendapati Mrs. Oswald tewas ditangga. saat naik ke kamar Rick, Dia juga mendapati Rick bunuh diri, dan juga Skunk yang sekarat karena penyakitnya.

Sekian.

Skunk dan ayahnya - Archie Cunningham

Skunk dan Jed

Kasia

Mike Kiernan

Rick Buckley and his mother

Trio Oswald, Sunrise, Susan, Saskia

Mike dan Archie saat di interogasi polisi gara2 Oswald bersaudara


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buitenzorg - Bogor Tempoe Doeloe

Aku nulis ini bukan dalam rangka ulang tahun kota bogor, bukan juga karena ulang tahun ku *apa urusannya coba?? Awalnya aku galau karena enggak bisa pergi ke Jakarta karena rel di cilebut longsor, akhirnya aku lihat2 gambar nya di mbah google. Trus tiba-tiba nemuin gambar Stasiun Bogor Tempo Dulu. Dan akhirnya aku malah terhibur liat-liat foto kota bogor jaman dulu. Naah, Mari kita mulai petualangan kita ke Buitenzorg, Bogor masa lalu:

1. Alun-alun Bogor
Alun-alun Bogor 1870 Sebenernya Alun-alun Bogor ini itu alun-alun mana ya? Sempur kah? Atau Gor Pajajaran? Atau bukan keduanya? hehe
2. Balai Kota Dulu

I'M BACK and i'm married

Bismillah,,
Katanya ada yang kangen baca postinganku lagi,, udah lama banget aku gak posting. Maklum,, sibuk cari duit sekarang,, hihi,, tp mau mulai dari mana ya? Hmmm aku mau nulis sesuatu,, keajaiban yang datang selama aku gk nulis blog kemarin. Cosmic orderingDulu di tahun 2010, aku dan sahabatku hardiyanti pergi ke sebuah wedding expo yang diadakan di botani square. Disitu banyak pasangan yang mencari vendor buat pernikahan idaman mereka. Aku sama anti cuma sibuk mendatangi stand catering, hehe.. icip icip makanan sana sini sampe gk perlu cari makan siang. Fyi, 2010 itu aku masih kuliah tingkat 3. Bosan mencicipi makanan, akhirnya kita lihat-lihat gaun pengantin. Bagus bagus semuaa,,, sampai di suatu stand aku dan anti berhenti. Yak,, ada gaun yang bagus dan beda banget dari yang ada di stand lain. Aku pun mendekati sambil ngelus-elus kainnya #rada lebay sih,, hehee.. tiba-tiba aku membayangkan dipinang oleh pangeran berkuda poni 😂 . Gak lama setelah itu,, seorang wanita mendeka…

IT'S REALITY

Guys, target tahun 2012 gue untuk nulis entry blog lebih banyak dari tahun 2011 tak tercapai. :(. dan gue rasa tahun 2013 gue akan semakin jarang nulis lagi. ini baru tulisan gue yg ke tiga di tahun 2013. dulu sehari bisa 4 postingan sekaligus. dunia gue berubah. WELCOME TO THE REALITY.